StudiVZ, Saingi Facebook


Facebook yang menyandang gelar social networking paling laku saat ini, mendapatan saingan baru yang ia klaim bahwa saingannya tersebut benar-benar meniru tampilannnya dengan persisnya tanpa ampun. Rival itu bernama StudiVZ. Menurut sumber yang tidak sengaja ku temukan, dan kemudian langsung saja ku baca, situs tersebut berasal dari negara pemilik tembok berlin, Jerman. Bahkan sumber itu bercerita, FB --panggilan sayang untuk Facebook-- menggugat StudiVZ telah menjiplak desain --ato kasaranne tampilan darinya. Walaupun sebelumnya. FB pernah berniat untuk membeli situs tersebut, namun karena terdesak nahalnya situs rivalnya itu, maka FB mengurungkan niatnya.

Gugatan FB terhadap StudiVZ berlangsung di pengadilan Jerman, dan menurut sumber, FB dinyatakan gagal dan kalah dalam gugatannya. Pengadilan Jerman menjelaskan bahwa tidak ada bukti lengkap dari pihak FB dalam upayanya menggugat StudiVZatas tuduhannya. Pengadilan Jerman juga mengungkapkan, bagian mana yang dijiplak? --tanya kenapa??

StudiVZ adalah situs persis FB berbahasakan Jerman, yang baru saja diluncurkan 4 tahun setelah Facebook, yaitu pada Maret 2008, di mana saat itu StudiVZ telah digandrungi anggota sebanyak lebih kurang 10 juta jiwa dan rata-rata anggota tersebut berasal dari Jerman --ya jelas lah, lha wong situsnya berbahasa Jeman koq. Sekarang, StudiVZ telah digandrungi sekitar 14,3 pengguna yang terbagi dalam tiga llayanan yang ia tawarkan, StudiVZ (untuk mahasiswa), SchuelerVZ (untuk anak sekolah) dan meinVZ (untuk yang sudah lulus).

0 comments:

Posting Komentar